Persiapan SEO Dasar Untuk Blog Yang baru dibuat

Banyak para blogger yang sangat awam sekali mengenai dunia blog bahkan mungkin kali pertama mereka baru mengenal dan baru pertama membuat blog pada waktu tersebut, perlu diketahui blog bukan hanya sekedar menulis artikel, ada beberapa langkah dasar yang harus dilakukan sebelum blog yang baru saja anda bikin dan juga artikel baru yang anda terbitkan bisa ditemukan oleh orang lain dan menjadi populer, karena pada umumnya ketika membuat blog pertama kali khususnya untuk pemula, mungkin yang ada dibenak mereka hanya sekedar menerbitkan artikel saja, kemudian mereka berharap artikel tersebut bisa ditemukan dan dibaca oleh orang lain dan blog yang mereka miliki mendapatkan banyak pengunjung.

SEO blog baru

Tanpa adanya usaha, dan tanpa tau caranya harapan tersebut sepertinya harus di telan bulat-bulat, memang untuk blogger pemula kebanyakan tidak paham bagaimana harus memulai dan apa yang harus kita lakukan untuk pertama kali ketika blog selesai dibuat, dan apa yang harus kita lakukan ketika artikel selesai kita terbitkan, apakah ada yang harus dilakukan selain hanya sekedar menerbitkan artikel saja?. pertanyaan tersebut seperti halnya pertanyaan yang saya tanyakan pada waktu pertama ngeblog, apa yang saya lakukan pada waktu itu hanya sekedar dimulai dengan membuat blog, kemudian dilanjutkan membuat artikel secara teratur tanpa adanya usaha lanjutan, alhasil harapan saya pada waktu itu ingin blog dibaca dan dikunjungi orang kemudian mendapatkan pengunjung tidak dapat dicapai. mungkin jika anda blog pemula anda juga akan melakukan hal yang sama seperti apa yang saya lakukan pada waktu pertama kali berkeinginan ingin punya blog.

Pada artikel kali ini saya sekedar mencoba share terutama untuk para blogger pemula yang tidak tau arah apa yang harus mereka lakukan setelah membuat blog dan menerbitkan artikel. Berikut Tips SEO Dasar Untuk Blog Yang baru kita buat:

1. Buat blog

Jika anda kebetulan belum memiliki blog silahkan untuk membuat blog gratis terlebih dulu, caranya silahkan baca Cara Mudah Membuat Blog.

2. Buat akun google webmaster tool dan submit alamat blog kita disana

Setelah anda selesai membuat blog, langkah berikutnya silahkan buat akun google webmaster tool dan daftarkan alamat blog yang baru saja anda buat tersebut disana, jika anda belum tau cara daftar dan cara submit site di google webmaster tool silahkan baca cara membuat akun google webmaster tool.
Dengan google webmaster tool, interaksi robot pencari google dan blog yang kita miliki mudah untuk di monitor, dan jika terjadi error atau kesalahan terhadap blog kita bisa terdeteksi dan sedini mungkin bisa segera kita perbaiki. bukan hanya itu untuk jangka panjang google webmaster tool bisa kita gunakan untuk melakukan SEO tingkat lanjut terhadap blog kita.

3. Submit Alamat Blog Ke Mesin pencari Google

Langkah ketiga yang harus dilakukan setelah blog selesai anda buat adalah, mensubmit alamat url blog cukup satu kali submit saja ke search enggine, baik itu google, bing maupun search engine lainnya, tujuannya adalah agar blog yang kita miliki dapat dikenali sedini mungkin oleh mesin pencari, karena tanpa submit blog yang kita miliki bisa saja pada akhirnya dapat dikenali, namun akan membutuhkan waktu yang cukup lama, oleh karena itu untuk membuat blog yang kita miliki cepat dikenali oleh search enggine, silahkan lakukan submit, contoh berikut bagaimana cara mensubmit alamat url blog ke search enggine google, berikut langkah-langkahnya:

a. Masuk ke alamathttps://www.google.com/webmasters/tools/submit-url,akan tampil seperti gambar dibawah ini:

Google Submit URL


b. Silahkan masukan alamat url blog anda pada kotak yang disediakan seperti terlihat pada gambar diatas, kemudian jangan lupa masukan juga kode captcha pada kotak yang tersedia, dan terakhir jika sudah tekan tombol "Submit Request", jika anda berhasil blog anda sudah dikenali oleh mesin pencari google.

Uuntuk menguji apakah blog yang kita submit sudah terindex atau belum, silahkan lakukan pencarian google dengan memasukan alamat url blog anda, jika alamat blog anda muncul pada hasil pencarian google, berarti google sudah berhasil mengindek dan mengenali alamat blog baru anda.

4. Submit Alamat Url Artikel yang baru anda terbitkan pada mesin pencari

Setiap kali anda selesai membuat artikel, lakukan hal yang sama pada tahap 3 diatas, tapi URL yang dimasukan adalah alamat URL yang artikel yang sudah kita terbitkan, tujuannya adalah agar artikel yang anda buat cepat terindex dan dikenali oleh mesin pencari google dalam hal ini, tujuannya adalah agar ketika ada orang yang mencari artikel kebetulan apa yang mereka cari sesuai dengan judul artikel yang kita buat, judul artikel kita akan muncul pada hasil pencarian, dengan demikian pengunjung akan mulai mengunjungi blog yang kita miliki. lakukan submit artikel setiap kali kita selesai membuat artikel, seperti langkah-langkah diatas.

5. Submit Sitemap blog menggunakan google webmaster tools

Site map adalah peta situs yang menjelaskan isi blog anda, peta situs akan membantu mempermudah mesin pencari ketika mereka menelusuri kembali isi blog anda, untuk blog berflatform blogspot, peta situs biasanya terletak padahttp://nama_blog_anda.blogspot.com/sitemap.xml,untuk mensubmit sitemap pada google webmaster tool ikuti langkah-langkah berikut:

a. Masuk ke akun google webmaster tools anda

b. Pilih dan klik Blog anda pada daftar

c. Pilih menu "Crawl" kemudian pilih submenu "Sitemaps

d. Cari dan tekan tombol "Add/Test Sitemap" kemudian tulis sitemap.xml saja pada kotak isian yang disediakan, kemudian tekan tombol "Sumbit Sitemap" jika sudah selesai.

Lakukan Resubmit sitemap setiap kali ada penambahan 5 artikel yang anda terbitkan, ini agar robot google mudah untuk negindex blog anda, sehingga artikel-artikel pada blog yang anda miliki mudah untuk diindex oleh mesin pencari google.


Demikaian artikel sederhana untuk blogger pemula mengenai Persiapan SEO Dasar Untuk Blog Yang baru dibuat yang diperuntukan untuk blogger pemula, semoga bermanfaat.

Related Posts:


0 Response to "Persiapan SEO Dasar Untuk Blog Yang baru dibuat"

Post a Comment