Syarat Menjadi Programmer Hebat


Programmer merupakan salah satu pekerjaan yang jarang orang minati, karena profesi programmer ini tidak sembarang orang bisa untuk menekuni, harus memiliki keahlian khusus.
Sebenarnya banyak sekali persyaratan untuk menjadi programmer hebat  , tapi yang perlu diketahui adalah programming bukan bakat. Yang menjadi bakat adalah logika, tiap orang diberkahi logika yang berbeda-beda, ada yang cepat tanggap ada juga yang lambat, namun lambatnya logika tersebut bisa diasah tergantung dari kemauan orang tersebut.
Selain itu, Cara menjadi programmer itu adalah ilmu pasti, jika 1 AND 1 ya maka TRUE. Logika dasar tersebut harus dipahami dengan paksaan, meskipun tidak suka.
Lalu, jam terbang adalah senjata utama, tentu anda akan lebih percaya dengan programmer yang memiliki jam terbang coding tinggi daripada anak fresh graduate, tidak semua anak fresh grad memiliki jam terbang coding tinggi, tapi anak yang memiliki jam terbang coding tinggi bisa saja anak yang baru lulus dari universitas.
Bagaimana cara melihat jam terbangnya? Minta dia buat program, lihat alur codenya, jika masih ada code yang redundan atau tidak di refactor, maka kita tahu kalau anak tersebut tidak memiliki jam terbang yang kurang tinggi.
Lihat juga repo online-nya (github, gitlab), seberapa sering dia ngulik code dan melakukan push, programmer yang sering push ke github sendiri tentu sedang ngulik (belajar). banyak programmer indonesia yang bergabung di situs github tersebut
Intinya adalah, perbanyak jam terbangmu, kuasai salah satu teknologi andalanmu, tapi jangan abaikan teknologi lain (setidaknya paham konsep), seringlah error, programmer hebat tentu lahir dari kesalahan.

Related Posts:


0 Response to "Syarat Menjadi Programmer Hebat"

Post a Comment